Dua Tahun Pandemi: Kembali Berkegiatan di FH UI

Updated: May 12

Ditulis Oleh: Aeron Gina dan Thoriq Classica


Sudah lama sejak terakhir kali kita dapat berkumpul langsung bersama dalam suatu acara. Gedung kampus yang biasanya ramai pun berubah menjadi sepi. Akan tetapi, seiring dengan keadaan pandemi yang makin membaik, makin sering terlihat pula aktivitas di kampus FH UI. Kegiatan-kegiatan yang selama dua tahun kemarin dilaksanakan secara daring, sekarang mulai dapat kita lakukan secara luring di FH UI.

Sampai saat ini, kegiatan akademis memang belum dapat dilaksanakan secara langsung di FH UI. Di sisi lain, kegiatan-kegiatan nonakademis sudah beberapa kali berhasil dilaksanakan secara langsung di area FH UI. Salah satunya adalah Farewell FH UI Semester Ganjil 2022 yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu. Meskipun tidak 100% dilaksanakan offline, Farewell FH UI telah berhasil dilangsungkan secara hybrid. Beberapa panitia yang bertugas datang secara langsung ke FH UI dan peserta dapat mengikuti melalui gawai mereka masing-masing.

Perlu diingat dalam penyelenggaraan acara secara offline di FH UI, kita tidak dapat asal datang dan langsung menyelenggarakan acara. Sama halnya dengan sebelum pandemi dulu, ada prosedur yang harus kita lalui untuk mendapatkan izin menggunakan ruangan-ruangan di FH UI. Rumah Tangga FH UI hadir untuk membantu mahasiswa yang ingin menyelenggarakan acara di area FH UI. “Selama acaranya tidak merusak fasilitas dan tidak mengganggu kuliah, tidak apa-apa,” jelas Pak Surono dan Pak Slamet selaku staf dari Rumah Tangga FH UI.

Terkait prosedur peminjaman ruangan di FH UI, mahasiswa diminta untuk mengumpulkan proposal dan formulir peminjaman ruangan yang kemudian dibawa atau dikirimkan ke email Kemahasiswaan FH UI. Kemudian, proposal akan diteruskan kepada bagian Rumah Tangga. Perwakilan dari mahasiswa yang ingin meminjam ruangan selanjutnya akan dipanggil oleh Rumah Tangga untuk menjelaskan proposal perizinan ruangan yang mereka ajukan. Setelah mengajukan izin, jangan lupa untuk selalu aktif bertanya mengenai izin yang kita ajukan. “Kita harus contact-an dan follow up terus,” jelas Hadijah Hanina (FH UI 2020), yang menjadi salah satu panitia acara yang dijalankan secara hybrid di area FH UI. Selain itu, Hanina juga mengatakan bahwa Ia tidak menemukan kendala selama proses perizinan. Hal ini membuktikan bahwa prosedur perizinan acara tidak menyulitkan mahasiswa.

Namun, Rumah Tangga FH UI belum dapat 100% mengizinkan penyelenggaraan acara di area FH UI. “Masih fifty-fifty. Perlu diingat bahwa kita adalah kampus negeri, kita harus memperhatikan aturan dari pemerintah dan aturan rektor,” ujar Pak Slamet. Selain itu, setiap mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan secara langsung di FH UI juga diminta untuk membawa bukti tes antigen dan surat izin dari orang tua masing-masing. Hal ini dapat dipahami sebagai tindakan preventif penyebaran virus di area kampus FH UI. “Hal yang paling penting, sih, surat izin orang tua,” ujar Pak Slamet.

Sejatinya, Rumah Tangga FH UI tidak memberikan batas maksimal tertentu terkait peserta dan panitia yang dapat hadir di FH UI, tetapi perlu diingat bahwa pandemi COVID-19 masih ada sehingga ruangan-ruangan tidak dapat diisi dengan maksimal. “Sejauh ini, untuk kegiatan mahasiswa belum ada yang sampai lebih dari 50 orang,” Rumah Tangga FH UI juga tidak memberikan batasan terkait ruangan yang dapat dipinjam selama mahasiswa dapat menjaga ruangan tersebut dalam pemakaiannya.

Sebelum mengajukan perizinan, sebaiknya panitia sudah tahu ruangan-ruangan apa saja yang dibutuhkan untuk keberlangsungan acara. Sebab, sebagai pembuat acara tentunya panitia yang lebih tahu bentuk acara dan ruangan yang sesuai untuk acara yang dibuat. “Sebelum acara Farewell FH UI, kita mengajukan proposal dan formulir peminjaman ruang yang ingin kita pakai, yaitu Auditorium Djokosoetono dan Ruang C 105 untuk persiapan Lawper yang akan tampil sebagai pertunjukan,” cerita Hadijah Hanina. Jadi, untuk memakai ruangan yang ada di FH UI, panitia harus terlebih dahulu mempersiapkan proposal acara dan ruangan yang diinginkan agar acara dapat berjalan sesuai rencana.

Umumnya, berbagai acara yang telah diadakan di FH UI selama pandemi hanya dihadiri langsung oleh panitia. Penonton, peserta, dan beberapa panitia lainnya tetap mengikuti acara dari jarak jauh. “Pernah ada satu acara yang akan diadakan hybrid, tetapi dari panitia ada yang terpapar virus COVID-19, akhirnya acara diadakan full online,” ujar Pak Slamet dan Pak Surono. Walaupun terdapat kendala, acara harus tetap berjalan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, terlepas secara luring atau daring.

Keadaan memang belum pulih seutuhnya, tetapi seiring kondisi yang makin baik, perlahan-lahan kita sudah mulai bisa melakukan kegiatan secara tatap muka. Namun, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan agar tetap sehat dan bisa segera bertemu lagi ya, Sobat PERFILMA!

5 views0 comments

Recent Posts

See All