Inaugurasi dan Social Project FH UI: Rangkaian Terakhir PMB Bagi Mahasiswa Baru

Oleh: Devika Hadianti dan Shafa Salsabila


Setiap tahun, rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Indonesia (PMB FH UI) selalu diakhiri dengan penyelenggaraan acara Inaugurasi dan Social Project (Socpro). Pada tahun ini, Inaugurasi dan Socpro menjadi spesial karena berhasil dilaksanakan secara luring sejak dua tahun terakhir acara tersebut diselenggarakan secara daring. Acara angkatan pertama yang berada di bawah naungan angkatan 2022 ini juga menandakan berakhirnya rangkaian acara PMB FH UI. Acara Inaugurasi 2022 terdiri dari pre-event dan main event. Pre-event dilaksanakan selama tiga hari dengan membuka booth yang berisi games berhadiah, photo booth, heart 2 heart virtual diary di mana orang yang datang dapat menulis kesan pesan setelah berfoto, dan menyediakan board games yang dapat dipinjam selama 30 menit. Adapun main event dilaksanakan di lapangan belakang FH UI pada Kamis, 17 November 2022 yang berisi performances dari para pengisi acara seperti Rechtovibe, awarding, dan dilengkapi pula dengan beberapa spot menarik, seperti photobooth, chill station, serta wall of fame. Sementara itu, pre-event Socpro terdiri dari dua hari, yaitu pada tanggal 3 dan 4 November 2022 yang berisi pemberian donasi kepada pegawai di FH UI serta pembukaan booth di Taman SnT. Kemudian dilanjutkan dengan main event pada tanggal 12 November 2022 yang diawali dengan kegiatan senam bersama yang diikuti oleh para pegawai FH UI, games, performances, hingga puncak acaranya, yakni tes kesehatan gratis.


Angkatan 2022 selaku panitia dalam Inaugurasi dan Socpro 2022 tentunya perlu menyiapkan banyak hal agar kedua acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah memilih tema yang akan digunakan dalam Inaugurasi serta Socpro tahun ini. “Waktu menentukan tema, kami sebagai panitia harus beberapa kali merombak tema yang telah kami buat karena merasa kurang cocok dengan acara yang dibawa,” ungkap Fathiya Irdelia, mahasiswi FH UI 2022 selaku Koordinator Bidang 2 Inaugurasi. Namun, pada akhirnya setelah melalui banyak pertimbangan, Inaugurasi berhasil mengusung tema berupa ‘Becoming A Star’ serta Socpro dengan ‘NIRMALA: Niat Bersama Menyangkal Lara’ sebagai temanya. Selain itu, dibentuknya kedua tema tersebut tentunya membuat Inaugurasi dan Socpro 2022 memiliki keunikan dengan tahun-tahun sebelumnya, misalnya dalam Inaugurasi, karena mengusung tema broadway, maka para undangan akan hadir dengan membawa masquerade masing-masing.


Saat pelaksanaan acara Socpro 2022, para panitia dan peserta antusias terhadap mata acara yang dilaksanakan. Dimulai pada saat pre-event, para pegawai FH UI, baik petugas ruangan, petugas kebersihan, dan petugas keamanan, merasa senang mendapat donasi dari teman-teman IKM FH UI. Di saat yang sama, panitia juga memasifkan acara Socpro dengan membagikan flyer main event Socpro dan menginfokan para pegawai untuk hadir pada tanggal 12 November 2022. Saat main event dimulai, para partisipan, khususnya pegawai FH UI juga terlihat sangat senang dan bersemangat mengikuti rangkaian acaranya yang dimulai dengan senam bersama, games, hingga tes kesehatan gratis. Beberapa pegawai bahkan menyatakan bahwa selama bekerja di FH UI, ini adalah kali pertama mereka mendapatkan tes kesehatan gratis dan berharap kegiatan tersebut akan selalu ada di setiap tahunnya.


Dibalik suksesnya acara Socpro 2022, tentunya tidak lepas dari kendala dan hambatan yang dihadapi oleh para panitia. “Untuk Socpro sendiri kendala yang ada di hari-h adalah waktu yang lebih cepat dari rundown yang telah disusun. Padahal, tenaga medis yang in charge di mata acara berikutnya belum benar-benar siap. Hal ini membuat panitia harus memastikan kesiapan para tenaga medis dan menyesuaikan mata acara yang berlangsung,” ungkap Rianjani Rindu atau yang kerap disapa Riri, mahasiswa FH UI 2022 yang menjabat sebagai Vice Project Officer (VPO) Socpro 2022. Ia juga menyampaikan bahwa untuk mengatasi kendala tersebut, panitia melangsungkan sesi interaktif dengan para peserta dan performance dari pengisi acara.

Sama halnya dengan Socpro, Inaugurasi juga mendapatkan banyak respon positif dalam pelaksanaannya. Diawali dengan membuka booth dalam rangkaian pre-event, kegiatan yang ada di booth Inaugurasi selama tiga hari mampu membuat Taman SnT dipenuhi oleh IKM FH UI yang ingin berpartisipasi dalam bermain games atau pun berfoto di photo booth. Games yang dihadirkan selama tiga hari juga berbeda-beda, misalnya di hari pertama terdapat game Move the Ballon dan di hari kedua terdapat games Roll the Bottle. Selain itu, main event Inaugurasi juga ramai dihadiri IKM FH UI yang ingin menyaksikan performances serta awarding. Stand photo booth juga menjadi salah satu spot yang paling ramai didatangi oleh IKM FH UI saat main event tersebut.


Lain halnya dengan Inaugurasi, Fathiya Irdelia (FH UI 2022) atau kerap disapa Idelia, Koordinator Bidang 2 Inaugurasi, berpendapat bahwa selama menyiapkan acara, kendala yang paling sering dihadapi ialah miskomunikasi. “Mungkin karena kita sebagai panitia baru kenal dan nggak terlalu dekat, jadi masih sering ada miskomunikasi,” ucap Idelia. Ia menuturkan untuk mengatasi kendala tersebut, panitia sering mengadakan kegiatan untuk bonding dan memberikan arahan yang jelas kepada sesama panitia.


Di balik semua kendala yang terjadi dalam perencanaan maupun pelaksanaannya, acara Inaugurasi dan Socpro 2022 berhasil terlaksana dengan lancar dan mendapat respon positif dari banyak partisipan. Kesuksesan acara dan juga antusiasme dari IKM FH UI dapat dibuktikan dengan ramainya audience yang hadir dalam main event Inaugurasi di lapangan belakang FH UI yang dilaksanakan pada 17 November 2022 kemarin. Selain itu, dengan diselenggarakannya Inaugurasi dan Socpro 2022, baik Riri dan Irdelia berharap bahwa kedua acara tersebut akan membawa banyak hal positif serta menyatukan berbagai angkatan di FH UI.



12 views0 comments