PMB FH UI: Mahasiswa Baru Perlu Siapin Apa Aja, Ya?

Oleh Ghani Maeda Y. dan M. Rifaldy Zelan


Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Indonesia (PMB FH UI) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FH UI. Selama dua tahun terakhir, seluruh kegiatan dan kegiatan orientasi mahasiswa dilakukan secara full daring akibat dari situasi pandemi COVID-19. Dengan demikian, angkatan 2019 menjadi angkatan terakhir yang merasakan PMB secara luring. Akan tetapi, kabar baiknya, pelaksanaan PMB pada tahun ini akan dilaksanakan secara luring. Menurut informasi yang didapat dari Elaine Chairmandy Afla (FH UI 2019) selaku Wakil Ketua Pelaksana I PMB FH UI 2022, PMB FH UI 2022 akan dilaksanakan dalam beberapa rangkaian acara. Pra-PMB akan diselenggarakan secara daring pada 6 Agustus 2022. Kemudian, kegiatan PMB diselenggarakan secara luring pada 18, 19, dan 20 Agustus 2022. Saat ini, sudah berlangsung pula kelas mentor, komisi tugas, dan komisi disiplin untuk mendukung terselenggaranya PMB FH UI 2022.

Agar maba FH UI 2022 memiliki gambaran terkait pelaksanaan PMB luring, Divisi Pers PERFILMA FH UI berkesempatan untuk mewawancarai Elaine Chairmandy Afla dan Nathanael Eljuhar Tarigan (FH UI 2019). Elaine bercerita bahwa pengalaman PMB luring pada tahun 2019 lalu merupakan salah satu hal yang sangat memorable. “Walaupun suasana kampus dan SMA berbeda banget, PMB is one of the event yang sangat gue nantikan. Bahkan, gue sampai bilang ke teman gue kalau pingin PMB lagi,” terang Elaine. Hal tersebut dikatakan bukan tanpa alasan. Elaine menyebutkan bahwa ia sangat bersyukur bertemu dengan banyak teman baru dan mentor yang sangat membantu saat rangkaian acara PMB. “Walaupun tugas selama PMB cukup berat dan melelahkan, tetapi pas sudah selesai, tuh, buat kangen,” ujar Elaine. Tak hanya Elaine, Nathan juga menyebutkan bahwa pengalaman PMB luring pada 2019 lalu sangat seru.

Sebagai panitia PMB, Elaine bercerita tentang tantangan yang cukup berat dalam menjalani kepanitiaan ini. Hal ini diungkapkannya mengingat dua tahun ke belakang seluruh acara selalu dilaksanakan secara daring sehingga sekarang ia harus mengingat-ingat bagaimana menyiapkan acara dengan sistem luring. Hal lainnya yang juga menjadi tantangan, yakni kondisi pandemi yang tidak pasti. “Apalagi dengan adanya pandemi ini, harus ada penyesuaian here and there untuk accommodate protokol kesehatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. Namun, tak bisa ia pungkiri, walaupun harus melewati berbagai macam tantangan, Elaine dan segenap panitia tetap bersemangat mengurus acara PMB.

Tentunya, tak hanya Elaine sebagai panitia, mahasiswa baru pun akan menghadapi tantangan saat menjalankan PMB nantinya. Apalagi kegiatan pada masa sekolah dilaksanakan secara daring, sehingga akan dibutuhkan adaptasi kembali. Akan tetapi, Elaine mengatakan bahwa hal tersebut tidak sepatutnya menjadi masalah sebab mahasiswa baru akan dibimbing oleh mentor-mentor yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi. “Seharusnya nggak menjadi masalah karena dari panitia sendiri sudah persiapin secara matang banget dan pasti teman-teman 2022 nanti akan dibantu dan dibimbing oleh mentor-mentor keren biar bisa ngikutin PMB dengan lancar dan fun!” terangnya.

Pastinya mahasiswa baru perlu untuk melakukan persiapan sebelum melaksanakan PMB secara luring. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan bagi mahasiswa baru angkatan 2022 menurut Elaine di antaranya adalah semangat serta kondisi yang sehat. Ia pun mengimbau kepada para mahasiswa baru agar bisa membagi waktu. “Nanti pas udah dapat info tugas-tugas dan jadwal pelaksanaannya, sebisa mungkin harus bisa pintar-pintar bagi waktu, karena kalau kayak gue dulu semuanya pakai SKS (sistem kebut semalam) pastinya bakal terkapar dan capek banget. Super not recommended,” ujar Elaine mengingat-ingat masa PMB-nya dulu. Sementara bagi Nathan, hal yang perlu untuk disiapkan untuk kegiatan PMB luring adalah keinginan untuk belajar dan juga membangun ikatan dengan teman-teman angkatan. “Kemauan untuk belajar sama bonding with teman-teman angkatan, sih, menurut gue,” ungkap Nathan.

Menutup sesi wawancara, Elaine berpesan kepada peserta PMB FH UI 2022 untuk memiliki time management yang baik serta menerapkan budaya FH UI seperti memanggil kakak tingkat (kating) dengan sebutan Abang atau Mbak. Elaine mengingatkan kepada para mahasiswa baru untuk tidak melupakan 3S (salam, senyum, dan sigap) dan jangan takut untuk menyapa kating yang ditemui. “Untuk teman-teman mahasiswa baru 2022, rangkaian acara PMB FH UI 2022 ini dibawa fun dan enjoy saja, ya. Kalau ketemu kating, jangan takut dan harus sopan. Sapa saja karena mereka nggak gigit, kok,” tutup Elaine dengan memberikan emoticon senyum.

50 views0 comments

Recent Posts

See All