Ramai-Ramai di Taman SnT dan Taman MC: Ada Apa, Sih?

oleh Dionisius Welle dan Naufal Arkanz

Bagi kalian yang ke kampus hari ini, pasti akan mendapati pemandangan “kuning-kuning” di Taman Soemadipradja and Taher (Taman SnT) dan Taman Moot Court (Taman MC). Selain itu, pasti kalian mendengar beragam ajakan, seperti “Ayo, join organisasi kita!” dan “Cek organisasi kita, yuk!”. Kira-kira ada apa, ya? Hari ini, tepat pada 5 September 2022, Taman SnT dan Taman MC diramaikan dengan berbagai booth dari Lembaga Tinggi Kemahasiswaan (LTK), Badan Otonom (BO), dan Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI). Ternyata, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FH UI 2022 sedang mengadakan program kerja LTK & BSO Week yang dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 5 September sampai dengan 9 September 2022.

LTK & BSO Week yang telah absen selama dua tahun terakhir ini disambut dengan sangat positif oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM FH UI). Hal tersebut terlihat melalui euforia dan antusiasme para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Berbagai booth yang tersebar di Taman SnT dan Taman MC ramai dihadiri oleh para calon pendaftar yang hendak mendaftarkan diri pada organisasi pilihan mereka. Selain itu, para mahasiswa juga dapat bertanya pada panitia yang berjaga di booth organisasi masing-masing untuk mengetahui lebih banyak tentang organisasi yang mereka minati. Organisasi yang hadir antara lain adalah Pers, Fotografi, Film, dan Musik Mahasiswa (PERFILMA) FH UI, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FH UI, BPM FH UI, Business Law Society (BLS) FH UI, Asian Law Student’s Association LC UI (ALSA LC UI), The International Law Moot Court Society (ILMS) FH UI, dan masih banyak lagi. Tidak hanya diramaikan oleh mahasiswa baru, LTK & BSO Week juga diiringi dengan antusiasme para pengurus tiap organisasi, seperti menawarkan organisasinya ke mahasiswa baru dengan ekspresif serta memutar lagu dan menghias booth mereka untuk menarik perhatian.

Secara keseluruhan, acara ini berlangsung dengan seru dan meriah. Tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan diselenggarakannya acara ini. “Salah satu tujuan dari acara ini agar mahasiswa baru yang ingin ikut berorganisasi dapat mengetahui lebih dalam mengenai organisasi apa saja yang ada di FH UI,” ucap Andi Fauzan (FH UI 2019) sebagai Ketua Umum BPM FH UI 2022.

Masing-masing acara kaderisasi dari tiap organisasi memiliki strategi yang berbeda dalam menarik perhatian calon pendaftar. Salah satu strategi yang dimiliki adalah membuat booth yang eye catching sehingga mampu mengundang calon pendaftar untuk mampir dan bertanya lebih lanjut mengenai organisasi tersebut. Strategi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Arazia Rasyad Danishara, seorang mahasiswa baru, ketika mengunjungi booth PERFILMA FH UI. “Selain diajak teman, gue mampir ke booth PERFILMA soalnya menarik dan heboh gitu,” jelasnya.

Dengan mengunjungi booth yang tersedia, hal tersebut dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mulai mengarungi kehidupan organisasi di kampus karena dengan mengunjungi booth, calon pendaftar akan diberikan formulir pendaftaran yang nantinya akan dikumpulkan sesuai dengan kebijakan organisasi yang hendak didaftarkan. Salah satu sistem pendaftaran kaderisasi yang diadakan oleh PERFILMA FH UI, PORTRAIT 2022, menggunakan sistem scan barcode, “Scan barcode atau buka link perfilma.org lalu pilih menu registrasi PORTRAIT, setelah itu isi data-data di form dan melakukan pembayaran. Terakhir, submit form-nya.” Ujar Laras selaku salah satu panitia PORTRAIT 2022 yang berada di booth PERFILMA FH UI.

Ramainya LTK & BSO Week menunjukkan antusiasme para mahasiswa dalam mengikuti organisasi. Dengan berpartisipasi dalam sebuah organisasi, tentunya banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Selain meningkatkan hard skill dan soft skill, mengikuti organisasi juga dapat menambah relasi, Andi Fauzan menambahkan, “Bagi mahasiswa baru, organisasi merupakan tempat untuk mengembangkan diri.” Terakhir, Laras mengucapkan hal senada, yakni, “Ayo, jangan lupa daftar PORTRAIT karena kuotanya terbatas, kegiatannya juga seru-seru dan nggak akan nyesel sama sekali.” Jadi, jangan lupa untuk segera hadiri LTK & BSO Week dan ikuti kaderisasi organisasi yang kamu minati!


27 views0 comments

Recent Posts

See All